E-book Panduan Menulis Gratis – 160 Ide Cerita Siap Pakai

E-book 160 Prompt Menulis Cerita adalah kumpulan berbagai ide cerita yang sudah berbentuk premis yang siap digunakan sebagai ide dasar penulisan novel ataupun cerpen. Dalam setiap prompt yang dimuat dalam buku ini sudah ditentukan karakter utama (protagonis), tujuan yang ingin dicapainya (sebagai arah alur cerita), dan potensi halangan yang mungkin akan ia hadapi sebagai konfliknya. Bahkan di beberapa prompt, komponen ini dilengkapi pula dengan gambaran setting cerita, potensi sosok antagonis yang bisa dimunculkan, dan lain sebagainya.

Dalam penyajiannya prompt ini dibagi berdasarkan tema ceritanya. Ada prompt untuk cerita romantis, ada prompt untuk cerita fiksi fantasi, fiksi sejarah, fiksi distopia, fiksi realistis, dan lain sebagainya. Bahkan jika Anda tertarik menulis nonfiksi, ada pula prompt yang bisa Anda gunakan untuk memulai penulisan nonfiksi Anda.

Sebagai sebuah ide dasar, prompt-prompt yang dimuat dalam buku ini dapat menjadi titik tolak Anda untuk lepas landas menulis cerita dan berenang dalam lautan imajinasi penulisan karya Anda sendiri.

Meskipun demikian,  prompt ini sendiri tidak dilengkapi dengan cara bagaimana menulisnya karena saya berasumsi bahwa Anda sudah memiliki kemampuan untuk hal tersebut. Ebook ini hanya membantu Anda dalam hal memberikan sebuah ide untuk diceritakan. Bagaimana mengembangkannya menjadi sebuah cerita yang menarik tentu saja tidak dapat saya muat dalam ebook ini karena keterbatasan tempatnya.

Namun jika Anda ingin mempelajari teknis penulisannya sendiri untuk cerita jenis apa pun, Anda bisa menggunakan buku panduan lain yang saya tulis pula. Atau Anda juga bisa mempelajarinya melalui video-video tutorial dan artikel yang semuanya dapat Anda temukan di saluran www.penulisgunung.id.

Apa pun ide cerita yang Anda pilih nantinya, saya berharap semoga ebook sederhana ini bisa membantu Anda untuk memulai novel atau cerpen Anda. Anda bisa menggunakan idenya secara langsung, menggabungkan beberapa ide dan mengkombinasikannya, atau membuat mix and match dengan ide Anda sendiri.

Jadi, selamat menulis dan selamat berkarya!


Anton Wan Bong

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga tutor kelas menulis. Saya telah menulis 40 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan dan karya saya yang lain dapat dibaca pula pada beberapa tautan berikut;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini:

Tinggalkan komentar