Cara Menjadi Penulis Novel dengan 3 Langkah Mudah

Menjadi Penulis Novel

Ada perbedaan antara menjadi penulis novel dengan menjadi penulis buku umum. Karena itu, tidak mengherankan ketika penulis buku umum agak grogi saat menulis novel. Dalam prosesnya, ada pengetahuan cara menjadi penulis novel pemula yang efektif untuk membuat proses penulisannya menjadi lebih mudah.

Nah, adakah sebuah teknik yang sistematis untuk menulis novel yang dengan mudah dapat dieksekusi bahkan untuk pemula?

Uraian berikut ini akan menjelaskannya untuk kamu, baca sampai tuntas, ya.

Kamu punya kisah hidup menarik untuk dijadikan buku namun bingung cara menuliskannya?

Daftar Isi Artikel

  1. Langkah Mudah Menjadi Penulis Novel untuk Pemula
    1. 1. Sempurnakan Perkenalan Cerita
      1. a. Deskripsi setting cerita
      2. b. Perkenalkan karakter tokoh
      3. c. Jelaskan situasinya
    2. 2. Satukan Kumpulan Kejadian
    3. 3. Simpulkan dalam Ending dan Solusi
    4. Kesimpulan

Langkah Mudah Menjadi Penulis Novel untuk Pemula

Seorang penulis novel harus mampu bercerita lebih baik melalui tulisannya. Seorang penulis novel juga harus bisa menghidupkan situasi dalam imajinasinya melalui sebuah narasi cerita yang ia tulis. Tanpa kemampuan untuk melakukan itu, rasanya agak sulit untuk menghasilkan sebuah novel yang berkualitas.

Selain membutuhkan konsistensi untuk menulis dan belajar terus-menerus. Menjadi penulis novel yang baik juga membutuhkan teknis dan cara kerja yang efektif.  

Sejauh ini, setidaknya ada tiga langkah yang dapat kamu gunakan dalam membangun cerita dalam novel. Dengan tiga langkah yang sederhana ini, seorang penulis baik ia amatir mau pun profesional akan dengan mudah mengeksekusi sebuah ide menjadi cerita yang menarik.

Nah, apa yang dapat kamu lakukan sebagai langkah dalam membangun cerita dalam sebuah novel?

1. Sempurnakan Perkenalan Cerita

Perkenalan atau beginning dalam penulisan cerita adalah intro sebelum masuk ke bagian-bagian yang lebih detail dan mendalam. Secara cepat bagian perkenalan ini dapat berisi tiga sub penjelasan yaitu:

a. Deskripsi setting cerita

Gambaran setting cerita dapat kamu mulai dengan dengan memikirkan beberapa pertanyaan seperti;

  • Dimana ceritanya berlangsung? Apakah di atas gunung, di dalam rumah, di tengah jalan. Gambarkan dengan detail settingnya untuk mendapatkan kesan narasi yang lebih utuh.
  • Kapan cerita tersebut terjadi? Apakah pada pagi hari, malam hari, pada saat sedang sholat, atau kah pada saat sedang duduk-duduk menonton televisi.

b. Perkenalkan karakter tokoh

Bagian kedua pada langkah pertama ini adalah dengan memfokuskan pada karakter ceritanya sendiri. Anda bisa memulainya dengan menyebutkan bentuk wajahnya, warna bajunya, panjang rambutnya dan lain sebaginya.

Intinya menjadi penulis novel hebat pada langkah ini adalah kemampuan menggambarkan karakter tokoh secara spesifik.

c. Jelaskan situasinya

Ini menjadi sebuah gambaran lebih komprehensif tentang apa yang terjadi pada cerita. Anda bisa menggabungkan informasi lokasi cerita, waktu kejadian, serta karakternya sekaligus pada bagian ini.

Menjadi penulis novel pemula harus mempelajari dan mempraktikkan langkah pertama ini dengan baik supaya mampu membuka tulisannya dengan sempurna.

Semakin baik bagian perkenalan ini kamu tuliskan, maka semakin mudah pula untuk menuliskan bagian yang lainnya.

2. Satukan Kumpulan Kejadian

Selanjutnya yang kamu lakukan pada tahap ini adalah menjelaskan apa yang menjadi problem utama sebuah cerita. Pada cerpen problem ini dapat dikunci pada satu kejadian saja yang disorot secara intensif. Namun pada novel, hal ini adalah kumpulan kejadian  yang panjang dan banyak.

Lalu apa saja yang bisa kamu ceritakan pada bagian ini?

Untuk menjadi penulis novel best seller yang mampu bercerita dengan baik, paling tidak harus mendeskripsikan bagian ini secara jelas dan kuat. Ini adalah bagian sambung-menyambung antara berbagai kejadian dalam novel yang terus memberikan stimulan pada pembaca untuk terus mengikuti ceritanya.

Untuk lebih anda perhatikan lagi, bahwa kumpulan kejadian adalah bagian paling dominan dalam novel. Secara umum dapat dikatakan bahwa cara menjadi penulis online atau pun tidak, memiliki langkah yang sama dalam hal menyusun kumpulan kejadian ini.

Jika kamu analogikan sebagai bangunan, maka kumpulan kejadian inilah yang menjadi pondasi, dinding, atap, tiang dan lain sebagainya dalam membangun sebuah cerita.

Cerita yang kuat bukan hanya yang memiliki unsur pembangun yang banyak, namun juga berkualitas, saling berhubungan, dan juga saling menguatkan.

3. Simpulkan dalam Ending dan Solusi

Penulis novel yang hebat tidak akan meletakkan kekuatan cerita mereka hanya pada satu sisi cerita saja namun menyebar pada keseluruhan cerita. Akan tetapi pada bagian penutup atau ending inilah biasanya para penulis novel akan memasukkan efek krusialnya.

Ending sebuah cerita bisa saja menyedihkan, bahagia, samar-samar atau pun yang lainnya. Namun intinya, sebuah ending cerita dari novel atau cerpen haruslah dapat melekat erat dalam benak para pembacanya. Oleh karena itu, membangun cerita dan menitikberatkan fokus pada bagian endingnya adalah sesuatu yang penting kamu lakukan.

Hal yang harus kamu perhatikan pada bagian ini adalah menjelaskan bagaimana ceritanya berakhir? Apa yang terjadi dengan karakter yang menjadi tokoh cerita? Dan apa pula penyelesaian dari kumpulan-kumpulan kejadian yang sebelumnya sudah kamu ceritakan?

Pada cerpen anda dapat menutup cerita dengan memilih kalimat yang paling menarik. Akan tetapi pada novel anda mungkin membutuhkan tidak hanya satu kalimat untuk mengakhiri ceritanya dan membuatnya terasa lebih berkesan.

Kesimpulan

Untuk menjadi penulis novel di wattpad atau di media apa pun, dibutuhkan latihan dan konsistensi terus menerus. Tak kenal berhenti dan tak kenal kata menyerah.

Simultan dari semua proses ini akan mengantarkan anda akhirnya pada sebuah pencapaian yang menggembirakan. Disiplin dan latihan terus menerus adalah bagian yang tidak dapat kamu pisahkan dalam setiap penulisan, baik itu novel mau pun cerpen.

Banyak-banyak membaca, banyak-banyak menulis, dan  jangan pernah menyerah saat mungkin menemukan bagian yang terasa sulit.

Karena menjadi penulis novel bukan hanya tentang tips dan strategi. Namun lebih daripada itu, menulis novel adalah tentang konsistensi dan semangat untuk berkarya, serta mempersembahkan sesuatu yang dapat membuat diri sendiri menjadi bangga.


Tingkatkan skill menulismu

Yuk, gabung di Kelas Menulis Online Penulis Gunung dan keterampilan menulismu akan naik satu level


Penulis terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 19 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini: