7 Skill yang Harus Dimiliki Seorang Jasa Penulis Konten

7 Skill Wajib Jasa Penulis Konten

Untuk satu artikel dengan panjang 800 hingga 1000 kata, jasa penulis konten bisa mendapat bayaran hingga $75 atau setara satu juta rupiah kurang lebih. Jika setiap hari kamu membuat satu artikel saja secara konsisten, maka penghasilan kotormu selama satu bulan adalah sekitar 30 juta rupiah. Wah, tentu saja ini angka yang sangat menarik sekali, bukan?

Lantas, apa sih penulis konten atau content writer itu? Apa yang mereka kerjakan dan apa pula skill yang harus dimiliki untuk bisa menjadi seorang penulis konten yang sukses?

Yuk, temukan jawabannya dalam pembahasan lengkapnya dibawah ini, ya.

Kamu punya kisah hidup menarik untuk dijadikan buku namun bingung cara menuliskannya?

Profil Jasa Penulis Konten dan 7 Skill yang Wajib Dimiliki untuk Sukses Menekuninya

Jasa penulis konten
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Profesi sebagai seorang penulis konten online sudah banyak diminati di Indonesia. Memang, jika dibandingkan dengan penghasilan penulis konten luar negeri seperti di Amerika dan Eropa, para penulis konten di Indonesia masih sangat jauh tertinggal. Namun, Allhamdulillah, perlahan-lahan sudah semakin banyak pengguna jasa penulis konten yang menghargai profesi ini secara lebih baik dari sisi bayarannya.

Harga jasa penulisan artikel di Indonesia masih sangat bervariasi. Ada banyak para penulis konten yang hanya dibayar Rp, 15.000 untuk artikel dengan panjang 350 – 500 kata. Namun ada juga yang dibayar lebih baik daripada itu. Bahkan, sudah ada pula pengguna jasa penulis konten yang mau membayar hingga satu juta rupiah untuk satu artikel premium dengan jumlah 1.500 – 2000 kata.

Melihat bervariasinya fee untuk jasa penulis konten di Indonesia, prospek untuk menjadi penulis konten profesional dengan penghasilan yang besar masih terbuka sangat lebar. Pertanyaannya kemudian adalah; apakah kamu juga tertarik menjadi seorang penulis konten atau content writer profesional seperti itu?

Nah, jika kamu memiliki keinginan menjadi content writer profesional dan suskses di bidang itu, maka kamu artikel ini ditulis khusus untuk kamu.

Jadi, dibaca sampai selesai, ya.

Pengertian Jasa Penulis Konten

Content writer atau jasa penulis konten adalah orang yang membuat konten digital yang bertujuan untuk mendidik, melibatkan, atau menjaga hubungan yang harmonis dengan konsumen online. Berdasarkan pengertian ini, seorang penulis konten dituntut untuk membangun keterlibatan konsumen online pada konten yang ditulisnya.

Kamu tentunya sudah sangat familiar kan, dengan berbagai karya penulis konten digital?

Bahkan sekarang, saat membaca tulisan pada blog ini, kamu juga sedang berhadapan dengan karya dari seorang penulis konten digital.

Menariknya adalah, menulis konten itu tidak terbatas pada banyak aktivitas blogging semata.

Orang yang menyajikan data visual berbentuk video, foto, info grafik dan sejenisnya, juga termasuk didalamnya. Hanya saja untuk penghasil konten di luar tulisan umumnya disebut sebagai content creator.

Pekerjaan Jasa Penulis Konten

Para freelance penulis konten atau pun yang direkrut permanen, memiliki job untuk menarik orang sebanyak mungkin pada sebuah situs. Pemilik bisnis online yang memasarkan produk mereka secara digital sudah sangat faham bahwa orang yang akan membeli produk mereka, adalah orang yang mengunjungi situs mereka.

Akan tetapi, menarik konsumen online tentu saja tidak semudah memanggil orang-orang di pasar dengan sebuah pengeras suara, kan?

Nah, disinilah para penulis konten menunjukkan kehebatan mereka melalui tulisan yang mereka hasilkan. Merekalah kemudian yang tampil menjadi pahlawan guna menarik publik online untuk mengunjungi sebuah situs. Kehebatan para penulis konten mendapatkan pembuktian yang riil dengan tingkat kunjungan yang semakin meningkat melalui tulisan mereka.

Pemilik bisnis menyewa atau mempekerjakan jasa penulis artikel untuk memproduksi konten yang kuat dan berkualitas untuk menarik audiens ke website mereka. Beberapa pemilik bisnis juga kadang membayar penulis konten dengan spesialisasi khusus untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan mereka melalui email marketing atau pun sosial media.

Jadi, tugas penulis konten adalah memproduksi konten berkualitas yang memiliki nilai informasi, edukasi, engagement, dan ajakan yang tujuannya adalah untuk mendatangkan traffic sebanyak mungkin melalui tulisan mereka.

Beberapa Contoh Pekerjaan Jasa Penulis Konten?

jasa penulis konten
Photo by Ivan Samkov on Pexels.com

Jasa penulis konten mengerjakan banyak hal, tidak terbatas hanya pada artikel dalam website semata. Apa pun skill menulis yang kamu miliki, hampir selalu memiliki tempat untuk disalurkan dalam jasa penulisan konten.

Beberapa jenis pekerjaan yang paling familiar dari jasa penulis konten misalnya adalah;

1. Blog Post dan Artikel

Jenis ini adalah salah satu yang paling umum dalam job desc seorang penulis konten. Kebanyakan orang yang menjadi penulis konten atau bekerja sebagai content writer untuk sebuah jasa penulisan, adalah mereka yang bertugas menulis untuk postingan blog seperti ini.

2. Web Page Copy dan Copywriting

Ini adalah jenis pekerjaan kedua dari seorang content writers.

Fungsi utama dari model pekerjaan ini adalah penulis konten menyusun kata-kata yang mendeskripsikan sesuatu yang tujuannya untuk menjual. Web page copy adalah menulis copy tentang halaman website, tentang produk dan layanan yang tujuannya untuk menjual.

3. Landing Pages

Untuk menarik minat pengunjung melakukan sesuatu yang diarahkan pada saat pertamakali mengunjungi halaman sebuah website, seseorang harus membuat susunan kata yang magnetic.

Nah, ini adalah salah satu skill yang dapat diasah jika kamu ingin menekuni profesi sebagai seorang penulis konten yang khusus membidangi landing pages.

4. Penulis Script untuk Podcast

Podcast portal seperti yang dimiliki oleh Dedy Corbuzier itu adalah sebuah rekaman audio yang terkadang juga disiarkan secara live adalah konten yang berisi informasi, hiburan atau edukasi untuk follower mereka.

Ada banyak para podcaster yang menulis script atau naskah audio mereka secara mandiri, kata per kata.

Namun, tidak semua podcaster memiliki kemampuan seperti ini.

Bagi yang tidak memiliki kemampuan menulis yang baik untuk materi podcast script mereka, penulis konten adalah solusinya.

5. Posting Sosial Media dan Iklan

Untuk sebuah bisnis online, media sosial tentu saja memiliki banyak fungsi penting yang dapat dimaksimalkan.  Freelance penulis konten atau penulis profesional yang dipekerjakan terkait media sosial bertugas setidaknya untuk;

  • Membangun kedekatan dan loyalitas dengan pengikut mereka.
  • Mengembangkan brand awareness.
  • Mempromosikan berbagai produk yang dijual
  • Mengarahkan pemirsa di media sosial untuk mengunjungi website mereka.

6. Email Marketing, Campaign dan Newsletters

Tugas penulis konten lain dalam dunia bisnis adalah dengan menjadi seorang pengelola email bagi perusahaan mereka, khususnya email yang bersifat promosi produk, pemasaran, dan lain sebagainya.

Email langsung yang ditujukan kepada pemirsa mereka adalah salah satu cara lain yang cukup efektif untuk menumbuhkan loyalitas konsumen online.

7. Infografik

Di aplikasi seperti pinterest, kamu akan melihat lebih dari 50% konten gambarnya berisi infografik.

Infografik disajikan dengan gambar dan kata-kata minimal yang padat, jelas dan informatif. Penulis konten tentu saja memiliki kemampuan untuk menyusun rangkaian kata tersebut.

8. Ebooks

Saya telah menulis cukup banyak ebook untuk berbagai keperluan. Salah satu ebook yang paling populer adalah tentang Panduan Menulis Pengalaman Pribadi dan Kisah Hidup Menjadi Buku Memoar atau Autobiografi.

Menulis ebook seperti ini dengan informasi yang panjang dan mendetail adalah salah satu pekerjaan dari seorang penulis konten profesional. B2B atau Business to Business sudah akrab menggunakan metode ini untuk membangun komunikasi dan trust dengan pengikut mereka.

9. Video Script

Seperti halnya podcaster, tidak semua youtuber atau produsen video online juga memiliki kemampuan dalam menulis script. Nah, ini adalah salah satu peluang penulis konten online untuk menunjukkan kemampuan mereka.

Video secara umum lebih banyak digemari karena sangat sederhana. Kamu tinggal mengklik tombol play dan semua informasinya akan dipertontonkan untuk kamu.

Konten video yang informatif tentu saja tidak dapat dibuat asal-asalan, beberapa pembuat video membutuhkan penulis konten profesional untuk membuat script serta deskripsi video mereka sebelum dipublikasikan.

10. Product Description

Jenis pekerjaan terakhir yang juga dapat ditekuni oleh seorang penulis konten adalah membuat deskripsi produk.

Penulis konten untuk E-commerce berfokus pada membuat deskripsi produk yang akan membujuk calon pembeli memasukkan produk mereka ke keranjang belanja. Sebagai penulis konten untuk jenis seperti ini, kamu dapat lebih berfokus pada keuntungan yang akan diperoleh pembeli dengan membeli produk tersebut.

Kualifikasi yang Diperlukan untuk Menjadi Penulis Konten

jasa penulis konten freelance
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Untuk menjadi penulis konten yang hebat, ada beberapa kualitas yang sudah semestinya kamu miliki. Kualitas atau kualifikasi setiap penulis konten bisa saja berbeda-beda, namun secara umum yang paling dibutuhkan dari seorang penulis konten adalah sebagai berikut;

1. Jasa Penulis Konten Harus Memiliki Empati

Seorang penulis konten harus memperlakukan pembaca mereka dengan penuh hormat dan empati. Penulisan konten website yang baik adalah yang memprioritaskan pembaca mereka sebagai objek utama. Untuk kepentingan ini, seorang content writer harus mampu mengaplikasikannya.

Penulis konten yang hebat tentu saja dapat merefleksikan diri mereka sendiri dalam setiap karyanya. Akan tetapi porsi empati kepada audiens dan pembaca tetap adalah yang utama.

2. Jasa Penulis Konten Harus Memiliki Kemampuan Beradaptasi

Sebagian besar penulis konten memang memiliki spesifikasi untuk tema tertentu. Kamu misalnya sangat bagus ketika menulis tentang wisata, tentang kesehatan, atau tentang keuangan dan bisnis.

Meskipun demikian, cara menjadi penulis konten juga mengharuskan kamu untuk mampu menyesuaikan diri dengan gaya penulisan tertentu. Hal ini dilakukan sebagai upaya memenuhi permintaan klien sebaik mungkin.

3. Jasa Penulis Konten Harus Memiliki Ketekunan

Seorang content writer sebaiknyamemiliki semangat luar biasa dalam segala keadaan yang tercermin dari tulisan dan karya mereka.

Mereka harus terus mempelajari keterampilan baru dan berinovasi dalam blog-blog penulisan yang lebih baik.

4. Jasa Penulis Konten Harus Memiliki Intergritas

Penulis konten yang hebat membuat para pembaca percaya dengan kata-kata mereka, sementara klien mereka juga meyakini etos kerja mereka. 

Penulis konten seperti ini mampu memberikan penghargaan kepada karya orang lain melalui kata-kata dan tulisan mereka sendiri.

7 Skill Wajib yang Harus Dimiliki Seorang Penulis Konten Profesional

Sepanjang karir, seorang penulis konten online harus terus memperbaharui skill mereka. Dunia digital yang dinamis dan bergerak sangat cepat membutuhkan seorang penulis konten yang mampu beradaptasi dengan baik dibidangnya.

Akan tetapi, setidaknya ada 7 keterampilan dasar yang paling dibutuhkan oleh seorang penulis konten. Jika 7 keterampilan ini juga sudah kamu miliki, maka kamu adalah calon seorang penulis konten yang hebat.

1. Menguasai Kata-Kata

Ini tentu saja adalah keterampilan sangat dasar yang harus dimiliki oleh setiap penulis konten apa pun. Kemampuan menyusun kata-kata, membuat struktur kalimat, tata bahasa yang benar, tanda baca yang tepat, hingga menghasilkan tulisan yang enak dibaca.

Ini adalah skill paling dasar yang harus dimiliki seorang content writer’s. Dan pastinya, kamu juga sudah pasti menguasai hal ini, kan?

Intinya adalah; penulis konten website yang sukses itu harus mampu membuat tulisan yang menarik, mengalir dan enak dibaca oleh konsumen online.

2. Memiliki Empati

Nah, sebagai penulis konten profesional, empati adalah salah satu skill dasar yang harus kamu miliki. Empati memiliki hubungan yang erat dengan cara memahami pikiran pembaca, apa yang mereka inginkan, dan apa pula yang menjadi masalah mereka.

Empati sebagai cara menjadi penulis konten website dapat dimaknai dengan sederhana sebagai cara memandang subjek yang kamu tulis dari sudut pandang pembaca, alih-alih sebagai klien atau dirimu sendiri.

Para penulis konten profesional ini menyajikan tulisan yang mampu membimbing pembaca mereka pada solusi yang disiapkan oleh klien mereka.

Metode empati model inilah yang harus dimiliki oleh seorang penulis konten yang hebat.

3. Jasa Penulis Konten Harus Paham SEO

Kamu sudah pasti cukup paham apa itu SEO atau Search Engine Optimazation, bukan?

Untuk tampil di halaman pertama kolom pencarian google dan mesin pencarian lainnya, sistem biasanya mengindeks berdasarkan kata kunci yang paling cocok, artikel yang relevan, dan tautan yang diberikan berupa internal link atau eksternal link. Memahami kaidah cara kerja SEO adalah cara untuk berhasil disini.

Salah satu pengguna jasa www.penulisgunung.id memiliki 550 kata kunci yang tampil di halaman pertama kolom pencarian google. 200 di antara kata kunci atau keyword tersebut menduduki peringkat 1 – 3 hasil teratas.

Nah, untuk membuat konten dengan hasil seperti itu, faham SEO tentu saja harus menjadi syaratnya.

4. Memiliki Kemampuan Riset

Walaupun para penulis konten lepas sudah terbiasa menguasai topik tertentu dalam penulisan mereka, namun riset tetap sangat dibutuhkan.

Dengan melakukan riset terhadap materi penulisan yang akan kamu lakukan, kamu mungkin saja akan menemukan beberapa hal yang lebih banyak untuk membuat konten yang kamu tulis menjadi lebih berbobot.

Kemampuan content writer untuk menemukan, memilah, mengatur dan menerbitkan hasil riset mereka pada konten website klien mereka, akan meningkatkan kredibilitas website tersebut di mata para pemirsa online.

Dan itu tentu sangat penting untuk dilakukan.

5. Editing Mandiri dan Proof Reading

Skill selanjutnya yang juga harus dimiliki oleh seorang penulis konten profesional adalah kemampuan untuk melakukan self editing. Pengeditan mandiri ini dibutuhkan sebelum tulisan diserahkan kepada klien menjadi sebuah artikel yang siap publish.

Konten tulisan yang diserahkan kepada klien, sebaiknya memang sudah ready to upload. Hal ini akan mengurangi beban klien untuk melakukan editing. Self editing sendiri meliputi penempatan tanda baca, ejaan, typho, dan lain sebagainya.

6. Disiplin dan Tepat Waktu

Penulis konten freelance sudah semestinya memiliki manajemen waktu yang baik mengenai proses pengerjaan konten yang ia lakukan. Hal ini berkenaan dengan deadline atau tenggat waktu, dan mungkin juga mengenai ekspektasi penulisan.

Penulis konten lepas juga sebaiknya menjaga komunikasi yang baik pada klien mereka terkait dengan target penulisan. Komunikasi yang baik juga sebaiknya difokuskan pada ekspektasi penulisan apa yang ditargetkan oleh klien.

Jika kamu menulis konten yang menekankan deadline, maka sebaiknya kamu mematuhinya.

Selain menunjukkan integritasmu, disiplin dengan waktu akan membantumu untuk lebih sukses dibanding orang yang kurang menghargai waktu.

7. Memahami Literasi Komputer

Nah, skill terakhir yang juga harus dimiliki oleh seorang penulis konten onlin adalah kemampuan mereka memahami literasi komputer yang sederhana.

Tapi jangan takut dulu, ini tidak akan serumit memahami bahasa coding, HTML, Java, Phython dan sejenisnya.

Literasi komputer yang dibutuhkan oleh seorang penulis konten meliputi hal-hal yang sederhana seperti navigasi online, mengirim email, membuat postingan blog, menambahkan link URL pada tulisan, atau juga menambahkan gambar yang relevan pada konten yang ditulis.

Sesederhana itu saja, kamu pasti sudah terbiasa, kan?

Bagaimana Memulai Menjadi Penulis Konten Profesional?

Ada ribuan orang yang telah bekerja menjadi content writer dan mendapatkan gaji penulis konten yang menarik. Para penulis konten dapat memilih waktu mereka sendiri secara freelance, atau pun menulis penuh waktu sebagai full time job.

Nah, untuk kamu yang ingin terjun pula menjadi seorang penulis konten profesional, beberap tips berikut ini akan berguna untukmu;

1. Menulislah Setiap Hari

Apa pun yang kamu tulis, sesederhana apa pun itu, lakukan setiap hari. Buatlah menulis menjadi rutinitas harianmu.

2. Membaca Lebih Banyak

Baca dan ketahui lebih banyak pengetahuan mengenai dunia kepenulisan. Tambah pengetahuanmu setiap hari dengan lebih banyak membaca.

3. Akrablah dengan SEO

Kamu tidak bisa meninggalkan SEO untuk menjadi penulis konten yang hebat. Tidak ada salahnya menginvestasikan waktu dan biayamu untuk memahami lebih banyak tentang hal ini.

4. Ambil Kelas Belajar

Kamu bisa melakukannya dengan ikut training, kursus online, pelatihan dan lain sebagainya.

5. Jangan Membatasi Diri dengan Eksperimen

Coba tulis berbagai macam topik dan jangan enggan mencobanya. Kamu bisa mencoba menulis tentang wisata, budaya, kuliner, keyakinan, akuntansi dan masih banyak lagi. Mungkin saja dengan cara ini kamu akan mengetahui topik utama apa yang paling kamu minati nantinya.

6. Terus Belajar dan Buat Fortopolio

Sembari terus meningkatkan jam terbang dan kemampuanmu, kamu juga bisa membangun fortopolio yang bagus melalui blog dan sebagainya. Muaranya, hal ini akan meningkatkan reputasimu sebagai seorang penulis konten yang profesional.

Sekarang, Apa yang Harus Kamu Lakukan?

Mulailah untuk menulis konten pertamamu sesegera mungkin.

Prospek menjadi penulis konten dan mendapatkan nafkah yang menarik dari bidang ini sangat besar. Ketika dunia semakin berpindah secara online dan bisnis digital semakin mendominasi, penulis konten akan selalu menjadi profesi yang sangat dibutuhkan.

Dan itu adalah pintu gerbang besar yang sudah dibuka untuk kamu memasukinya.

Selanjutnya, teruslah belajar dan berlatih, ya.

Kamu akan sukses menjadi penulis konten yang luar biasa jika kamu konsisten dan pantang menyerah untuk belajar dan berlatih.

Jadi, selamat mencoba!

BACA PULA:



Penulis terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 19 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini.

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini: