Technical Writer : Kunci Sukses dan Potensi Penghasilannya

Technical Writer

Apakah kamu pernah mendengar istilah technical writer atau penulis teknis?

Ini adalah salah satu jenis pekerjaan yang cukup sering muncul di beberapa tahun terakhir. Selain dapat kamu kerjakan secara freelance, profesi pembuat tulisan teknis ini ternyata juga memiliki potensi penghasilan yang menarik, lho.

Nah, jika kamu belum mengetahui dengan pasti apa itu technical writer, apa yang mereka kerjakan dan apa pula persyaratan untuk menekuni profesi tersebut? Maka artikel dari www.penulisgunung.id kali ini spesial untuk kamu.

Butuh jasa ghost writer untuk membantu menyelesaikan pekerjaanmu?

Pengertian Technical Writer

technical writer
Photo by Judit Peter on Pexels.com

Dalam wikipedia, tulisan teknis memiliki arti sebagai suatu gaya tulisan formal yang penggunaannya pada berbagai perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kimia, dirgantara dan berbagai industri lainnya.

Namun, jika secara dan sesuai dengan profesi seorang technical writer maka pengertiannya adalah; Proses penulisan yang bertujuan untuk menterjemahkan informasi ke dalam sebuah konten (artikel, jurnal, essay, dan lain sebagainya) yang mudah pelanggan, karyawan, relasi dan masyarakat umum untuk memahaminya.

Jadi, berdasarkan pengertian ini contoh technical writer dapat meliputi; instruksi penggunaan produk atau manual books, aturan-aturan, ketentuan, petunjuk, dan berbagai dokumentasi yang  lainnya.

Seberapa Bagus Peluang Seorang Technical Writer?

technical writer
Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels.com

Kemajuan dunia teknologi yang semakin massif dan tak terbendung telah memunculkan kebutuhan yang tinggi untuk profesi penulisan teknis. Industri teknologi komputer, farmasi, perusahaan ekspor impor dan yang lainnya, membutuhkan orang-orang yang memiliki keterampilan menulis teknis untuk mereka.

Kebutuhan yang tinggi ini berimbang pula dengan bayaran yang cukup bagus sebagai imbalannya. Daripada jenis penulisan yang lain, technical writer jobs umumnya memang mendapatkan bayaran yang lebih baik.

Kenyataan yang memikat tentang bayaran sebagai penulis teknis memancing banyak orang untuk ikut terjun dalam industri penulisan yang lebih sedikit pesaingnya ini. Tak heran pula mengapa banyak orang yang mencari kursus technical writer guna membekali diri mereka terjun di bidang ini.

Namun, apa sebenarnya keterampilan yang paling dibutuhkan untuk menjadi seorang technical writer profesional?

BACA INI JUGA:

Apakah Technical Writer Butuh Gelar?

technical writer
Photo by Ekrulila on Pexels.com

Technical writer gaji tinggi sama sekali tidak bergantung dengan gelar  yang kamu miliki. Itu adalah hal pertama yang harus kamu ketahui dalam profesi ini. Jadi, meskipun kamu bukan seorang sarjana dan mungkin juga belum berpengalaman, potensi penghasilanmu tetap bagus.

Meskipun tidak dibutuhkan gelar tinggi untuk menjadi profesional dalam bidang ini, kamu tetap membutuhkan modal.

Nah, modal ini tentu saja keterampilan menulis yang baik, yang akan memberi kamu kemampuan untuk menghasilkan tulisan teknis yang baik pula nantinya.

Kabar baiknya adalah kamu bisa belajar technical writer dengan banyak cara.

10 Jenis Technical Writer & Skill yang Dibutuhkan Menekuninya

Nah sekarang, apa saja jenis pekerjaan technical writer yang memiliki bayaran menarik dan apa pula keterampilan untuk sukses melakukannya?

Berikut ulasan lengkapnya.

1. Technical Writer untuk Instruksi Produk

Technical Writer
Photo by RF._.studio on Pexels.com

Loker technical writer pertama yang bisa kamu pertimbangan adalah dengan menjadi penulis teknis untuk instruksi penggunaan produk atau manuals books. Jika kamu ragu dengan bidang ini, bayangkan saja akan ada berapa banyak produk baru di masa depan.

Tentu sangat banyak sekali, bukan?

Kamu yang terbiasa menggunakan komputer atau handphone dan memahami dengan baik spesifikasi, manfaat dan nilai tambahnya, dapat menjadi penulis teknis produk elektronik seperti ini.

Produk-produk fisik seperti tekstil, perlengkapan dapur, dan lain sebagainya, juga bisa menjadi peluang yang menarik untuk kamu buat manual books-nya.

Untuk menjadi seorang penulis deskripsi produk, sebenarnya tidak ada hal-hal yang sangat khusus, apalagi yang mensyaratkan harus sarjana ini dan itu. Apalagi tidak ada yang lebih memahami satu produk selain penggunanya langsung.

Artinya, jika kamu adalah pengguna produk eletronik, komunikasi, internet atau bahkan alat-alat pertanian sekali pun, selama kamu bisa mendeskripsikan produk tersebut dengan baik mengenai cara penggunaan dan manfaatnya. Maka pekerjaan membuat tulisan teknis yang pertama ini bisa kamu lakukan.

2. Penulisan Teknis untuk Internet Marketing

technical writer
Photo by Negative Space on Pexels.com

Memang tidak ada penjelasan khusus bahwa jenjang karir technical writer itu seperti apa. Namun, dalam dunia penulisan freelance copywriting , kamu tidak membutuhkan jenjang karir jika hanya untuk mendapatkan bayaran yang lebih tinggi.

Nah, salah satu jenis penulisan teknis yang sangat banyak adalah copywriting.

Copywriting adalah teknis penulisan yang secara khusus bertujuan untuk menjual suatu produk. Jenis penulisan copywriting dalam internet marketing tersedia dalam banyak bentuk seperti landing page, email marketing, website copy, video penjualan dan masih banyak lagi.

Jika kamu menguasai satu bidang tertentu dengan sangat baik, kamu bisa menjadikan itu sebagai kekuatan penulisan copywriting-mu.

Pengalaman tentang IT, kesehatan, farmasi, bahkan pertanian sekali pun, adalah modal yang cukup bagus untuk kamu terjun sebagai copywriter.

Akan tetapi hal yang terpenting dari basic keterampilan pada profesi ini adalah mampu mengantarkan kamu membuat tulisan unik yang kemudian menarik bagi calon pembeli.

BACA PULA:

3. Technical Writer untuk Penulisan Konten Digital

technical writer
Photo by John Diez on Pexels.com

Jasa penulis konten online adalah contoh technical writer yang mungkin paling terkenal di Indonesia. Penulis artikel online atau konten online di Indonesia sudah sangat marak sejak sepuluh tahunan yang lalu.

Kebutuhan penulis konten semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dapat dimengerti dengan melihat bahwa hampir semua jenis bisnis saat ini telah masuk dalam internet. Dan itu artinya, mereka membutuhkan seorang technical writer untuk menjelaskan bisnis apa yang mereka coba tawarkan.

Wawasan dan dapat menulis dengan baik adalah dua hal pokok untuk masuk ke jenis technical writer yang satu ini. Gelar sarjana sama sekali tidak ada hubunganya dengan persyaratan sukses menjadi penulis konten.

Saya sendiri memiliki cukup baik wawasan tentang dunia mendaki gunung dan bertualang, dan itu mengantarkan saya untuk bisa menulis pada salah satu website produk outdoor terbaik di Indonesia. Tulisan-tulisan saya sebagai technical writer bidang ini bisa kamu baca pada link ini

4. Technical Writer untuk Penulisan Laporan Resmi atau White Paper

technical writer
Photo by Pavel Danilyuk on Pexels.com

Banyak industri yang menggunakan cara ini tidak hanya sebagai laporan semata, namun lebih kepada teknik mempromosikan diri dan kemampuan mereka menyelesaikan masalah.

Laporan resmi disusun sedemikian rupa untuk menjelaskan masalah, tantangannya, dan juga penyelesaiannya. Pada banyak laporan resmi satu perusahaan atau industri, penulisan ini juga lengkap dengan daftar, tabel, kurva dan grafik.

Nah, laporan resmi seperti ini adalah contoh dokumen technical writer yang lain. Ada banyak perusahaan dan industri yang siap membayar bagi siapa pun penulis teknis yang mampu mengerjakan laporan seperti untuk mereka secara sempurna.

Guna menghasilkan white papers yang menarik, kamu tidak hanya harus pandai menulis dan menguraikan masalah ke dalam sebuah narasi. Akan tetapi karena laporannya juga seringkali dilengkapi dengan grafik, tabel dan sejenisnya, maka kamu juga pada umumnya harus menguasai sedikit teknis menggambar.

Tapi tidak perlu khawatir, kerja keras dengan belajar technical writer satu ini akan seimbang dengan potensi penghasilan yang akan kamu dapatkan nantinya.

5. Penulis Teknis untuk Kesehatan, Farmasi dan Medis

technical writer
Photo by Pixabay on Pexels.com

Industri apa yang memiliki uang banyak dan segudang informasi yang harus disampaikan secara rinci kepada orang awam dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti?

Ya, kesehatan dan medis!

Dunia kesehatan adalah salah satu bidang yang sangat kaya dan membutuhkan banyak technical writer profesional. Kesehatan, medis dan juga farmasi membutuhkan penulis teknis untuk menyusun laporan resmi, studi kasus, copywriting, brosur, poster dan lain sebagainya.

Dan ini semua tentu saja, adalah kabar baik untuk kamu yang siap menjadi salah satu technical writer-nya.

Untuk menjadi seorang penulis teknis dalam dunia medis, kesehatan atau pun farmasi, kamu yang memiliki background pendidikan keperawatan, apoteker dan medis umum, jelas sangat memenuhi syarat.

Namun untuk kamu yang tidak memiliki background dunia kesehatan, jangan berkecil  hati, kamu dapat belajar technical writer bidang ini dengan cepat melalui buku-buku, video, seminar atau bahkan pada contoh fortopolio technical writer kesehatan yang dapat kamu cari di internet.

BACA JUGA:

6. Penulis Teknis untuk Penulisan Komunikasi dan Konsultasi

Photo by Sarah Chai on Pexels.com

Penulis teknis selanjutnya yang dapat kamu tekuni adalah sebagai penulis teknis komunikasi yang biasa tertuang dalam bentuk materi pelatihan, instruksi dan ilustrasi teknis.

Kadang-kadang dalam penulisan yang satu ini, kamu juga akan diminta untuk memberikan contoh yang paling relevan dari materi yang disampaikan.

Salah satu keterampilan dasar yang paling penting untuk menekuni profesi ini adalah kemampuan komunikasi yang kuat. Kamu harus mampu memposisikan diri sebagai ujung tombak komunikasi yang dibangun dalam tulisan teknis yang kamu kerjakan.

Untuk kepentingan menggambar dan membuat ilustrasi, keterampilan menggunakan beberapa program ilustrasi mungkin akan membantu.

7. Penulis Teknis untuk Penulisan Studi Kasus

Photo by Katerina Holmes on Pexels.com

Pada umumnya, penulisan studi kasus adalah bagian dari sebuah rencana marketing yang besar. Penulisan teknis ini sejatinya bertujuan untuk menjelaskan bagaimana sebuah kasus dalam kehidupan nyata berhasil diselesaikan oleh salah satu formulasi (produk atau jasa) yang menjadi misi big marketing plan tersebut.

Walaupun secara spesifik penulisan teknis menggunakan model laporan resmi yang lebih panjang dan mendetail, namun ada juga beberapa versi pendek yang biasanya untuk disebarkan.

Nah, laporan teknis secara pendek inilah kemudian yang membutuhkan technical writer untuk case studies-nya.

Skill paling menentukan untuk menjadi seorang technical writer studi kasus adalah kemampuan mempelajari dan menterjemahkan data.

Jadi, jika kamu memiliki latar belakang data scientist dan cukup tertarik untuk mempelajari data secara lebih dalam, pekerjaan ini mungkin cocok untuk kamu.

8. Technical Writer untuk Penulisan Proposal,  Jurnal atau Essay

Photo by Zen Chung on Pexels.com

Penulisan teknis seperti proposal tentu bukan hal asing untuk kamu, bukan?

Di Indonesia, peluang untuk menjadi penulis teknis profesional bidang ini juga terbuka lebar.

Ada banyak bidang yang biasa menggunakan jasa ini. Bidang pendidikan, pemerintahan, bisnis to bisnis dapat saja memanfaatkan jasa technical writer profesional untuk membantu menulis jenis tulisan teknis satu ini untuk mereka.

Selain menguasai keterampilan menulis yang baik, wawasan tentang hubungan kerja B2B atau bisnis to bisnis akan memberi kamu keuntungan menarik dalam pekerjaan ini.

Memahami banyak istilah dalam alur kerja pembuatan kebijakan, baik dalam industri mau pun secara formalitas, akan menjadi nilai lebih kamu dalam technical writer job description sebagai penulis teknis untuk proposal.

BACA JUGA:

9. Technical Writer untuk Penulisan Keuangan, Akuntansi dan Finansial

Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Penulisan teknis keuangan harus dapat menulis untuk berbagai permasalahan yang kompleks dan rumit. Kamu misalnya dapat menuliskan tentang kondisi pasar saham, keuangan digital, dan pergerakan mata uang.

Beberapa jenis contoh fortopolio technical writer  dalam bidang ini misalnya adalah; presentasi informatif mengenai keuangan dan investasi, laporan keuangan berkala, brosur untuk konsumen, hingga artikel-artikel yang membahas berbagai topik tentang keuangan dan finansial.

Untuk kamu yang memiliki background pendidikan akuntansi, job satu ini dipersembahkan untuk kamu.

Namun hal ini tentu saja tidak menjadi batasan bagi kamu yang memiliki ketertarikan pada sektor finansial untuk menulis topik yang sama namu tidak memiliki background accounting.

Dengan wawasan mengenai dunia investasi, pasar saham, trading, dan juga finansial umum, kamu mungkin akan menjadi penulis teknis yang sukses di bidang ini.

10. Penulis Teknis untuk Review Produk

Penulisan teknis
Photo by Shotkit on Pexels.com

Menurut data survey, ulasan produk memiliki dua hal yang paling menakjubkan yaitu;

  • Hampir 95% calon pembeli membaca review suatu produk terlebih dahulu sebelum mereka memutuskan untuk membelinya.
  • Produk dengan 5 review atau ulasan memiliki persentase tingkat penjualan hingga 280% dibandingkan produk yang tidak memiliki review, atau yang reviewnya lebih sedikit.

Nah, dengan data ini saja kamu dapat menyimpulkan dengan mudah mengapa banyak perusahaan dan bisnis siap membayar mahal orang-orang yang memberi review produk mereka.

Kamu sebenarnya tidak membutuhkan gelar apa-apa untuk mampu menulis teknis seperti ini. Hanya saja kamu mungkin harus memiliki gaya penulisan yang kuat dan menarik supaya review produk yang kamu lakukan lebih memiliki nilai.

Selain itu, mampu membuat contoh adalah hal yang menguntungkan dalam jenis penulisan ini.

Peluang Jenis Technical Writer Lain

Penulisan teknis
Photo by cottonbro on Pexels.com

Selain 10 jenis penulisan teknis di atas, masih ada beberapa lagi jenis penulisan teknis yang tidak kalah menguntungkan. Jika kamu merasa cocok dan memiliki keterampilan yang relevan, technical writer beberapa bidang berikut juga akan memberi kamu bayaran yang menyenangkan.

  • Penulisan teknis untuk perencanaan bisnis dan proposal mega proyek.
  • Penulisan teknis buku-buku spesifik.
  • Penulisan teknis untuk penelitian dan laporan.
  • Penulisan teknis untuk SOP dan Checklist.

Kesimpulan

Nah, itu adalah beberapa jenis profesi technical writer yang memiliki bayaran tinggi dan dapat kamu jadikan pekerjaan menarik. Apalagi semua pekerjaan seperti ini bisa kamu lakukan secara freelance dari rumah, atau darimana pun kamu suka.

Tentunya akan lebih asyik lagi, bukan?

Untuk kamu sendiri yang ingin belajar technical writing khususnya penulisan konten dan copywriting, selain bisa belajar secara mandiri, kamu juga bisa menghubungi saya melalui tautan dibawah ini, ya.

LIHAT INI JUGA:


Tingkatkan skill menulismu

Bergabung di Kelas Menulis Online Penulis Gunung dan keterampilan menulismu akan naik satu level


Penulis terbaik

Anton Sujarwo

Saya adalah seorang penulis buku, content writer, ghost writer, copywriters dan juga email marketer. Saya telah menulis 14 judul buku, fiksi dan non fiksi, dan ribuan artikel sejak pertengahan tahun 2018 hingga sekarang.

Dengan pengalaman yang saya miliki, Anda bisa mengajak saya untuk bekerjasama dan menghasilkan karya. Jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email, form kontak atau  mendapatkan update tulisan saya dengan bergabung mengikuti blog ini bersama ribuan teman yang lainnya.

Tulisan saya yang lain dapat dibaca pula pada website;

Saya juga dapat dihubungi melalui whatsapp di tautan ini. HUBUNGI MELALUI WHATSAPP

Fortopolio beberapa penulisan saya dapat dilihat disini: LIHAT FORTOPOLIO